Direktur Tim Bersepeda Jerman Dipulangkan dari Olimpiade setelah Lontarkan Komentar Rasis

By Nad

nusakini.com - Internasional - Direktur dari tim bersepeda Jerman akan dipulangkan dari Olimpiade Tokyo setelah ia tertangkap basah mengeluarkan komentar rasis mengenai pesepeda dari Afrika saat pertandingan untuk tim pria berlangsung.

Badan nasional Olimpiade Jerman (DOSB) pada hari Kamis (29/7) mengatakan Patrick Moster telah dicopot dari jabatannya sebagai direktur dan akan kembali ke Jerman "secepatnya".

Pada hari Rabu (28/7), Moster terdengar menggunakan kalimat rasis saat pertandingan ditayangkan di TV Jerman ARD network. Ia mendesak pesepeda Nikias Arndt untuk mendahului pesepeda Algeria Azzedine Lagab dan Amanuel Ghebreigzabhier dari Eritrea saat Arndt sedang berada di stasiun penyegaran untuk minum.

Pria berusia 54 tahun ini terdengar menginstruksikan Arndt untuk "mendahului pengendara-pengendara onta itu".

Presiden DOSB mengatakan Moster melanggar nilai-nilai Olimpiade. Ia mengatakan Tim Jerman akan selalu mengutamakan permainan adil, penghormatan, dan toleransi.

Moster kemudian mengatakan ia menggunakan pemilihan kata yang salah dan mengaku bahwa ia merasa sangat bersalah. Ia hanya bisa meminta maaf dan menyatakan tidak berniat untuk merendahkan siapapun.

Pesepeda Jerman Arndt kemudian mengatakan ia terkejut mengenai komentar Moster dan menginginkan untuk tidak diikutsertakan dalam peristiwa rasisme ini karena ia sendiri merasa komentar tersebut tidak bisa diterima.